2014

Muse

05.00



Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Judul: Muse
Penulis: Devania Annesya
Editor: Anin Patrajuangga
Desainer Sampul & ilustrasi: Dyndha Hanjani P.
Penata isi: Yusuf Pramono
Penerbit: PT Grasindo
Tahun terbit: 2014
Halam: 194 hal
ISBN: 978-602-251-747-4

Aku sahabat dari istrimu, tempat kau biasa mendiskusikan segala hal. Aku sahabat dari istrimu, tempat di mana kau selalu meminta nasihat dalam menghadapi kegilaan istrimu. Aku sahabat dari istrimu, dan aku jatuh cinta padamu.

Jonas Antariksa, penulis novel, suami dari Nadia dibuat pusing dengan surat cinta Renatha sahabat istrinya. Renatha yang dianggapnya sahabat jatuh cinta padanya. Ini gila.

Renatha seorang pramugari cantik yang memiliki darah Jerman hanya punya Nadia, sahabat yang dianggap sebagai keluarga. Ketika Nadia akhirnya menikah dengan Jonas, Renatha berusaha menerima segalanya. Toh Jonas sendiri tidak melarang Nadia hangout dengan Renatha. Sampai akhirnya Raisa lahir dan semua berubah.

Raisa dekat dengan Renatha, mereka sering berdongeng bersama. Awalnya Jonas senang karena mereka dekat, tapi lama-lama, Jonas dihinggapi rasa kecewa. Kenapa bukan Nadia yang dekat dengan Raisa, anaknya sendiri?

Nadia dulu pernah tinggal di panti asuhan lalu dia diadopsi. Nadia mungkin kebingungan, bagaimana mungkin dia menyayangi seorang anak kalau sejak kecil dia tidak pernah mendapatkannya?

Ketika masalah berlarut dan memuncak, semua menjadi kacau. Jonas mendatangi Renatha, menggantungkan harga dirinya. Harusnya Renatha senang, tapi yang terjadi malah sebaliknya.

Manusia 'kan memang seperti itu. Mereka suka menghakimi. Mungkin karena mereka merasa hidup mereka lebih baik jadi punya hak untuk menghakimi (Hal 77).

Membaca kisah ini seperti mengorek luka yang dialami seseorang di masa kanak-kanak. Orangtua yang dianggap bisa melindungi ternyata mereka berhenti saling mencintai. Jangan biarkan dia lahir dengan menanggung penderitaan atas kesalahan orang tuanya. Sebab itu akan sakit sekali. Sebab aku sebenarnya memilih untuk tidak dilahirkan ketimbang menerima nasib buruk (Hal 79).

Di dunia ini ada masalah yang tak bisa terpecahkan, masalah yang merupakan bagian dari takdir... (hal 93)

Kadang kita mencintai seseorang tanpa harus dia berubah. Karena hidup memang masalah, mungkin hannya butuh waktu yang tepat untuk menjadi lebih baik, memantaskan diri untuk masing-masing.

Ketika kita menikah, banyak hal yang harus kita damaikan termasuk masalalu. Mungkin masalalu dengan orang tua bukanlah hal yang indah. Anak tidak bisa memilih orangtua, tapi kita bisa memilih menjadi orangtua seperti apa kita.

Persudaraan tanpa iktan darah kadang bisa menjadi sedemikian kokok. Takdir. Jodoh. Apa pun itu namanya. Tak seorang manusia pun bisa menjelaskannya (Hal 168).

Saya percaya di dunia ini ada persahabatan yang indah. Renatha dan Nadia membuktikannya. Ketika kamu mencintai seseorang dan melakukan apa pun demi mereka. Itu bukanlah beban. Itu semacam bukti cinta tanpa harus banyak bicara.

Baca juga:
http://jiahjava.blogspot.in/2013/09/flames-to-dust.html

Indonesian Romance RC 2015

Indonesian Romance Reading Challenge 2015

06.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Daripada blog ini review-review saja, ada baiknya saya ikut Indonesian Romance Reading Challenge 2015. Saya mau ngetes diri saya sendiri, bisa tidak saya baca buku secara teratur. Karena baru pertama ikut, saya memilih Level Going Steady 11-20. Semoga bisa naik level. Amin....


Februari
2. Muse

Maret

April

Juni
2. Kynigos
4. Napoli

Juli

2014

Elipsis

05.30


Judul: Elipsis
Penulis: Devania Annesya
Penyunting: Amanda Dwiarsianti, Anida Nurrahma
Perancang Sampul & Penata Letak: Teguh Tri Erdyan
Halaman: 221 hal
Tahun Terbit: 2014
Penerbit: POP, Kepustakaan Populer Gramedia
ISBN: 978-979-91-0775-6

Berpisah darimu bagaikan sebuah elipsis- jeda yang tak terisi oleh kata-kata. Ketika kau jauh, aku menemukan bahwa di antara kita ada ikatan tak kasat mata, kata-kata yang tak terucap, rasa yang tak terungkap, memori yang menguat seiring besarnya jurang pemisah antara kita. Kau bilang kau mencintaiku. Kau bilang kau akan kembali. Namun selalu ada ruang untuk meragu. Selalu ada elipsis yang kemudian diisi oleh rasa kehilangan. Selalu ada jeda bagi hati yang kosong.

Kalau kau terus berpura-pura, suatu saat kepura-puraan itu akan menjadi sosokmu yang sesungguhnya. Kau akan kehilangan dirimu sendiri. -4

Jujur, untuk membaca novel ini lagi, saya harus menyiapkan mental. Saya merasa sedih sampai sulit untuk menjelaskan apa yang saya rasakan.

Kalea Alexandra berharap kepindahannya dari Jakarta ke Bogor bisa menghilangkan masalah hidupnya. Nyatanya, di sana dia malah bertemu Atraneza Saputra tetangganya yang aneh, penggali kubur anti sosial.

Di awal pertemuan bukanlah hal yang menarik bagi keduanya. Atran dianggap melempar kutukan pada Kalea membuat gadis itu blingsatan seolah kesialan selalu menimpanya. 

Semakin berjalannya waktu, Kalea dan Atran malah makin dekat. Kalea tahu mereka sangat bertolak belakang. Jika diibaratkan dengan warna, ia putih dan Atran hitam. Mereka saling berlawanan. Namun ketika bersama, mereka saling melengkapi. -103

Kata orang, mereka ini pasangan aneh. Tapi siapa juga yang peduli? Seseorang nggak perlu menjadi sempurna untuk dicintai (13). Toh seseorang tidak perlu menjadi cerdas untuk dicintai dan mencintai (15).

Ujian pun datang. Ayah Atran mengabarkan bahwa Ibu Atran sakit dan butuh Atran. Atran di Tampa, Kalea di Bogor, LDR bukan perkara gampang.

Dua tahun setelah LDR, mereka kehilangan kontak. Apa yang sebenarnya terjadi pada mereka?

Bagi saya, pasangan ini unik walaupun karakter keduanya berbeda. Mereka bisa saling mengisi, melengkapi. Selain kisah cinta mereka, di novel ini juga ada semacam alarm untuk orang tua.

Bukankah setiap orangtua sering tidak sadar merusak anaknya sendiri? Mereka kadang lupa bahwa setiap anak selalu menatap pada satu-satu yang dapat dilihatnya, kedua orangtuanya. Mereka lupa penolakan yang mereka lakukan dapat menghancurkan segala pondasi terdalam yang dimiliki anak-anaknya. Atran mungkin hanya satu dari sekian banyak contoh penghancuran tersebut. Ia ditolak dan diingkari (176).

Anak adalah cerminan orang tua. Ketika orang tua tidak mau menerima, lalu ke mana lagi mereka mencari perlindungan. Jujur saya menangis membayangkan penolakan yang terjadi pada Atran atas kondisinya yang dianggap tidak normal.

Peluk anak-anak kita, dekap, rasakan betapa mereka adalah anak-anak hebat terlepas dari segala kekurangan mereka.

Euwige Liefde is liefde die niet meer terugkomt. Cinta yang abadi adalah yang tak kembali (67).

Baca juga:
http://jiahjava.blogspot.in/2013/04/atran-when-youre-away.html


2008

Mother Keder, Emakku Ajaib Bener

05.00




Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Judul: Mother Keder, Emakku Ajaib Bener
Penulis: Viyanthi Silvana kosasih
Editor: Raditya Dika dan Rizal Khadafi
Penerbit: Bukune
Tahun Terbit: 2008
Halaman: 222 hal
ISBN: 602-8066-17-6
Genre: Non Fiksi; Komedi

"Ini Teka Teki Teka Teko yang terakhir. Kalo Batman kawin ama Batgirl, anaknya jadi apa, Kak?"

"Jadi kampret! Anak kelelawar, Pap." Gue jadi ikutan ngaco ketularan bokap gue.

"HUAHAHA! BUKAN DONG, KAK! SALAH BESAR! Yang bener itu, jadi SONGONG! Soalnya ngerasa punya orangtua jagoan. Kakak aja yang orang biasa udah belagu, apalagi anaknya Batman ama Batgirl?"

Akhirnya saya kesampaian juga baca buku ini meskipun hasil pinjam di Perpus Kab. Jepara. Buku ini menceritakan keajaiban Maminya Mbak Vivi. Tapi kalau dipikir-pikir, secara keseluruhan buku ini menceritakan keluarga absurd genetiknya Mbak Vivi.

Mothernya yang kreatif dan suka ngobrol berjam-jam dan masih banyak lagi. Papinya yang ketularan aneh, mungkin efek punya istri aneh. Dinda yang serba pasrah sampai setres karena pernikahannya terancam kacau. Valdi yang gendut, si Barbie yang katanya kaya Jenglot. Nenek pikun, tante dan anaknya 2,5 th yang ngelus dada juga.

Secara keseluruhan saya sangat terhibur. Saya sadar, kok sepertinya tidak sopan ya menertawakan orang tua? Keluarga aneh tapi sangat menyenangkan.

Saya jadi bersyukur, ternyata yang punya keluarga ajaib bukan hanya saya. Bu e saya juga hobi sinetron, suka drakor, suka nyanyi dan suka joget dumang dengan keponakan saya.

Jika saya jadi ibu nanti, apakah anak-anak saya akan sama uniknya seperti saya? Sepertinya saya butuh lelaki normal untuk menyadarkan saya hehe.

Walau bagaimanapun, seaneh-anehnya keluarga kita, mereka tetaplah yang terbaik, yang mau menerima kita, tempat kita pulang dan berbagi.

Yang butuh penyegaran, saya rasa buku ini cocok untuk kalian. See you again.

2014

X - Kenangan yang Berpulang

05.30

Bismillaahirrahmaanirrahiim....




Judul : X – Kenangan yang Berpulang
Penulis : Devania Annesya
Editor : Anin Patrajuangga
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Terbit : Februari 2014
ISBN : 978-602-251-389-6

Apa yang kamu pikirkan saat bertemu mantanmu? Nangis? Nonjok mukanya, atau pura-pura nggak kenal?

Nah! Ini nih yang dialami Ariel Narinta, perempuan 24 tahun yang sedang diinterview sama cinta pertamanya, mantannya saat SMA, Andra Anggara. Hem, ini sebenarnya takdir yang mempertemukan mereka setelah tujuh tahun putus atau memang ada faktor x lainnya?

Ariel adalah sosok wanita kuat, jadi saat Andra menerimanya sebagai Legal Advisor di Anggara Group, Ariel secara tegas nggak mau kalah sama Andra.

Well, sebenarnya Ariel dan Andra merupakan pasangan paling keren saat masih SMA. Mereka berdua sama-sama menjadi murid dengan nilai tertinggi saat tes masuk sekolah. Mereka selalu bersaing dalam banyak hal, dengan Ariel yang bekerja keras dan Andra yang bekerja pintar. Setelah melewati masa orientasi dengan banyak kegiatan, akhirnya di malam pementasan seni Andra berhasil menarik perhatian Ariel dan yah, mereka jadian. Andra yang digambarkan cowok perfec, nembak Ariel nggak pakai kata love abal-abal. Dia cuma bilang gini,

“Aku suka matamu. Seperti mata rusa. Rapuh sekaligus kuat.” *NyariTempatPingsan.

Sejujurnya, Andra dan Ariel ini pasangan yang saling melengkapi. Andra menjadi ketua OSIS dan Ariel wakilnya. Andra punya mimpi yang tak terbatas karena dia anak orang kaya, dan Ariel membantuk mewujudkan mimpi Andra dengan perhitungan dan lainnya karena dia terbiasa hidup seadanya.

Selama dua tahun pacaran, meskipun mereka sering berantem, tapi mereka selalu baikan. Andra selalu mengajak Ariel membagikan nasi bungkus di perempatan lampu merah. Intinya sih semua baik-baik saja. Hingga suatu ketika, sebuah kejadian merubah segalanya. Dulu Ariel menganggap Andra malaikat. Tapi setelah kejadian itu, Andra menjauh meninggalkan Ariel di saat dia benar-benar memutuhkan seseorang untuk menguatkan hatinya. Ariel seperti hidup di neraka.

Lalu kini, setelah tujuh tahun dan kehidupan Ariel yang hampir baik-baik saja, Andra datang memintanya untuk kembali. Nyebelin nggak sih? *KeplakAndra. Sebenarnya, apa sih yang terjadi dengan Ariel tujuh tahun yang lalu?

“Kau membuatku percaya bahwa keajaiban itu ada. Kau membatku merasa bahwa tidak ada salahnya menulis puisi cinta dan menyimpannya dalam botol kaca. Aku datang hanya untuk mengatakan itu. Karena selanjutnya, aku akan membencimu di sisa hidupku.”

Menurut Andra, walaupun dia kaya, IQnya tinggi, tapi kalau berurusan dengan cinta, IQnya tiarap dan jadi pecundang pun nggak masalah. Dan demi Ariel, Andra rela mengalah asalkan Ariel bersamanya.

Mampukah Andra meyakinkan Ariel bahwa Andra benar-benar mencintainya dan nggak akan ninggalin Ariel setelah Ariel merasa nggak ada salahnya kembali bermimpi bersama Andra? Bagaimana jika Andra meninggalkan Ariel lagi?

Dari novel X ini, aku belajar tentang bagaimana bertahan hidup. Ariel dengan masalalunya berusaha tegar, berusaha survive meskipun cara dia bertahan kadang menyakiti orang yang meyayanginya. Dan ya, kita memang harus belajar tentang memaafkan. Karena dengan memafkan, hidup kita jauh lebih tenang *Ngaca.

Dan novel X ini bukan menyarankan kita untuk kembali dengan mantan, nggak sama sekali. Kalau udah mantan ya sudah, wis biarin aja. Cuma, kita ambil secara universal aja bahwa kita itu butuh yang namanya kenangan.

“Ada sesuatu yang tak pernah berakhir meski telah terhenti. Sesuatu itu disebut kenangan. Dan yang membuatmu kembali saat ini adalah bentuk lain dari kenangan. Pada akhirnya, hati manusia akan kembali pada orang yang dicintainya dan tak bisa lari lagi.”

Aku yang lemah tanpamu
Aku yang rentan karena
Cinta yang t’lah hilang darimu
yang mampu menyanjungku
Selama mata terbuka
Sampai jantung tak berdetak
Selama itu pun aku mampu
untuk mengenangmu
Darimu, kutemukan hidupku
Bagiku, kaulah cinta sejati

***

Bila yang tertulis untukku
adalah yang terbaik untukmu
Kan kujadikan kau
kenangan yang terindah dalam hidupku
Namun, takkan mudah bagiku
Meninggalkan jejak hidupku
yang t’lah terukir abadi
Sebagai kenangan yang terindah
Kenangan terindah – Samson

Bagaimanapun dalam hidup, kita butuh yang namanya kenangan. Dengan kenangan kita bisa mengingat orang-orang yang kita sayangi walaupun mereka nggak lagi satu dunia dengan kita.

Over all, X bukan cerita yang menye-menye. Tinggal kitanya mau mengambil dari sisi yang mana. Dan dari novel ini, kita diingatkan tentang kekuatan doa agar kita tidak melupakan doa yang pernah kita panjatkan.

“Kamu jangan pernah lupakan doamu, kamu tak akan tahun kapan Tuhan akan mengabulkannya.”

Baca juga:
http://mondayflashfiction.blogspot.in/2014/03/review-buku-x-kenangan-yang-berpulang.html
http://jiahjava.blogspot.in/2013/07/say-goodbye-to-x.html

2014

Queen, Ingin Sekali Aku Berkata Tidak

05.00


Bismillaahirrahmaanirrahiim....



Pernahkah kamu merasa hidupmu jungkir balik tidak seperti harapanmu?

Queen Arinda mengalaminya. Hidup Queen yang dulu begitu mudah sampai akhirnya berubah 180 derajat karena ayahnya yang jendral dituduh korupsi. Queen terpaksa keluar dari rumahnya. Saudara mau pun teman terdekat, tak ada satu pun yang mau membantunya.

Di saat itulah Ares muncul menawarkan pekerjaan di Kafe Tante Mariam. Ares sendiri adalah anak yang pernah mencuri celana dalam Queen saat kelas enam SD. Sampai SMA, Ares seolah menjadi bayangan Queen walaupun dia pernah ditolak jadi pasangan prom saat masih SMP.

Kehadiran Ares membuat Queen sedikit lupa dengan kehidupan barunya. Queen juga belajar banyak tentang arti hidup dari Ares. Sayangnya, Queen sudah memiliki Demian dan Ares memiliki Zahara. Akankah Queen kembali pada kehidupan lamanya? Bagaimana hubungannya dengan Ares nanti?

“Di dunia ini akan ada sesuatu yang kau inginkan namun tak bisa kau dapatkan”(Hal 132)

Novel ini mencerminkan bagaimana sosok muda-mudi yang mandiri dengan bekerja paruh waktu dan bagaimana kita bertahan hidup ketika semua orang tak peduli. Sering kali kita juga buta dengan segala kemewahan, padahal kita hanya menginginkan bukan membutuhkan.

“Kau memberikan semua hal... yang tidak kuperlukan. Itu masalahnya.”(Hal 135)

Dan suatu ketika dalam hati kecil kita bertanya, Apa yang terpenting dalam hidup? Kekayaan? Status sosial? Atau cinta? Mungkin kita memiliki segalanya, tapi apakah kita bahagia?

“Kadang lelaki, sehebat apapun dia, bisa juga melakukan hal bodoh. Misalnya jatuh cinta sendiri.”(Hal 128)

Yang jelas, dari novel ini kita diingatkan bahwa kebaikan kecil yang kita lakukan kepada orang lain, semua akan kembali kepada kita sendiri.

Identitas Buku
Judul : Queen, Ingin Sekali Aku Berkata Tidak
Penulis : Devania Annesya
Tahun Terbit : 2014
Editor : Yashinta
Penerbit : Sheila, Penerbit Andi
Halaman : 198
ISBN : 978-979-29-4401-3

Baca juga:
http://m.liputan6.com/citizen6/read/2163650/queen-perjuangan-siswi-sma-untuk-bertahan-hidup
http://jiahjava.blogspot.in/2013/01/masihkah-kau-menyimpannya.html