Petitah, Perjalanan Menuju Awal

06.51

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Penulis: A[rt]gus Faizal
Penerbit: Hafsa Publishing
Tahun terbit: 2012
ISBN: 978-602-7693-05-0
Halaman: 60

Banyak cara untuk menyambut dan melepas Ramadhan. Ada yang sedih tapi banyak yang bahagia karena menyambut kemenangan. Apakah kita benar-benar menang?

Foto kiriman Jiah Al Jafara (@jiahjava) pada
***


Prosa, saya menyebutnya seperti itu saat membaca buku ini. Catatan kaya makna tentang Ramadhan yang kita jalani selama satu bulan. Kalau di buku ini ditulis 30 hari.

Dimulai dari awal sampai akhirnya mudik. Ada kritik sosial juga dan mungkin semacam sindiran tentang kebiasaan saat Ramadhan.

" Waktu terus berputar, malam semakin larut, namun bagi beberapa orang yang tengah berbuka puasa, shalat pun terabaikan. Lho koq? Puasa adalah kegiatan personal, namun berbuka puasa telah menjadi kegiatan sosial." (Hal 13)

Tertampar sekali saya. Niatnya buka bersama tapi solatnya malah tertinggal atau yang parah malah sengaja nggak solat. Dan untuk kegiatan sosial, tak apa asal ya itu, jangan meninggalkan solat.

Ada juga cerita tentang Ustad yang bertausiah di TV. Mereka menyampaikan ini itu. Tapi ya namanya industri, apa ada jaminan mereka semua, baik yang ditonton maupun yang nonton akan tetap ibadah? Bagaimana kalau justru mereka lalai? Entah....

Duh sayang saya baca buku ini setelah Ramadhan usai. Tapi tak apa, ini bisa jadi pengingat untuk saya sendiri agar lebih baik dalam menjalankan ibadah.

Sedikit kekurangan buku ini, ada beberapa typo dan bahasa asing/daerah tidak dicetak miring. Itu saja. Tetap semangat beribadah walau bukan Ramadhan!!!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

0 komentar

Komentar, yuk!