My Candy

08.46

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Judul: My Candy
Penulis: Putri Salsa
Penyunting: Dadan Ramadhan
Tahun terbit: 2007
Penerbit: DAR Mizan
Halaman: 112
ISBN: 978-979-752-812-6
Rating: 3

Nadya mempunyai teman bernama Mita. Mita anak yang lucu, pintar, dan kaya. Tetapi, dia tidak seperti itu di mata beberapa teman dekatnya. Menurut mereka, Mita adalah anak yang sombong, suka menyontek, suka bergosip, suka berbohong, dan tidak punya kepribadian.



Suatu hari, Mita minta melihat tugas Matematika Nadya. Karena Nadya mengira Mita sudah selesai, Nadya membolehkan saja. Ternyata Mita malah menyalin semua jawaban Nadya. Jelas saja Nadya kesal. Untunglah, rasa sebal Nadya tidak lama. Mendadak Nadya malah tersenyum karena tiba-tiba dia punya ide yang nakal. Apa ya, ide nakal Nadya?

***

Buku ini tak sengaja saya ambil dari rak di perpustakaan daerah Jepara. Candy, saya pikir ini nama orang. Ternyata maksudnya adalah permen, ajaib pula. Baca buku anak itu kaya mengenang masa lalu dan berpikir, kok saya enggak ngelakuin kaya gitu ya?!

Tokoh utama Nadya dengan kesehariannya. Nadya digambarkan sebagai gadis yang periang, aktif, dan dia suka bereksperimen. Ada Faiz, adik Nadya yang jahil. Entah mengapa saya malah suka sosok Faiz. Lalu ada teman-teman dan orangtua Nadya juga.

Karena di sini bukan novel, ada 9 cerita berbeda. Rata-rata alurnya maju. Karena saya suka Faiz, maka cerita My Annoying Big Bro jadi favorit.

Namanya cerita anak, endingnya ya gitu, ada nasihat sederhana seperti menjaga rahasia orang lain dan saling memaafkan. Yang bikin beda cerita ini adalah eksperimen Nadya dalam setiap judul. Sayangnya, eksperimen itu enggak bisa dipraktekkan karena bahannya ada yang pura-puranya rahasia. Ya namanya juga fantasi.

Setelah baca ini, saya jadi kangen masa kanak-kanak dengan berbagai pikiran simpelnya. Masa kecil dengan belajar bicara jujur, berbuat sesuatu yang berguna dan menghormati orangtua.

Andai bertemu penulisnya, hei sekarang dia 20 tahun, bukan anak-anak lagi. Dia masih terus menulis cerita anak atau pindah genre? Jangan-jangan dia blogger juga. Siapa tahu kan ya, hihihihi.

Sampai jumpa direview selanjutnya. Happyb blogging!

You Might Also Like

4 komentar

  1. wah blog ini lama lama jadi blog ripiew buku yes... good good good...

    BalasHapus
  2. Wah kukira baca judulnya kartun candy2, ternyata buku my candy ☺

    BalasHapus

Komentar, yuk!